Rabu, 05 September 2012

AKSES SISTEM ONLINE JOHOR PORT

Johor Port Malaysia, menyediakan sistem Online untuk pelayanan Perkapalan. Mulai dari penyandaran Kapal ke Pelabuhan, Booking Kontener, Booking Pilot, Pendaftaran Lesen/Sertifikat Perkapalan dll.

Pada Posting kali ini, tanpa menyalahgunakan tujuan artikel, hanya sebagai ajang berbagi buat teman-teman yang berkecimpung di bidang Shipping Company, tentu saja tujuan utama saya adalah sebagai catatan/pengingat di Ujung Minggu.

Dalam catatan ini saya ingin menulis beberapa saja dari menu Sistem Online tersebut, diantaranya adalah :
  • Vessel Clearance System

Menu ini bertujuan untuk membuat laporan kapal masuk ke setiap pelabuhan yang di tangani oleh Sistem Johor Port, Tahap prosedur pengurusan adalah:



Persiapan Sertifikat kapal.  
Sertifikat ini di urus dimana kapal tersebut dibuat dan di sahkan, beberapa dari sertifikat tsb:
Gambar : Daftar Sertifikat
Setelah beberapa daftar sertifikat diatas sudah tersedia, maka lanjut ketahap berikutnya, yaitu masuk ke VCS (Vessel Clearance System).

Ingat, 
  • untuk masuk ke sistem ini anda harus mendaftar dulu kepada JohorPort atas nama perusahaan agensi perkapaln (Shipping Agency).
  • Menggunakan Internet Explorer 8.xxx

Setelah Login ke website http://www.johorport.com.my/, pilih JPBi Login, setelah berhasil masuk silakan pilih menu VCS.
Dari menu tersebut untuk melakukan manifes pastikan posisi anda pada pilihan "SHIPPING AGENT" dan pada bagian panel sebelah kiri klik menu Vessel Clearance System pilih Vessel Particular.
Gambar : Menu Vessel Particular
Setelah input seluruh partikuler Kapal, maka masuk ke tahap input Schedule, yang mana didalamnya diperlukan informasi Estimate Time Depart, ETD & ETA, Jangan lupa SAVE setiap melakukan perubahan.

Berikutnya menunggu konfirmasi dari pihak operator Pelabuhan, dengan menelpon Operator Ext 230, xx-2535-888 Pn. Najawati / Marine Dept., 2 Menit setelah input data.

Next.... Masuk kepada Input Dokumen, yang mana setiap sertifikat di scan dan di upload setiap tab yang di inginkan.

Last.. Submit Application.
Demikianlah  rangkaian kerja Shipping, semoga sebagai pengingat secara ringkas, untuk pengingat, khusus buat saya sendiri.
Gambar : Tanjung Kupang - Gelang Patah Johor Malaysia




2 comments:

Silahkan berikan koment, terima kasih.