Rabu, 19 September 2012

12 Tips Jitu Untuk Sukses

Menjadi sukses adalah impian semua orang. Tentunya untuk itu diperlukan motivasi yang kuat untuk mengatasi tantangan untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Motivasi ini harus ditumbuhkan dari dalam diri sendiri. Anda bisa saja membaca ratusan buku atau pergi ke puluhan seminar untuk memperoleh suntikan motivasi, namun hal yang sering terjadi adalah kenaikan emosi sesaat untuk berubah. Barangkali ini bertahan satu atau dua minggu dan setelah itu Anda merasa semuanya kembali menjadi biasa-biasa saja seperti kondisi yang lama. Pernahkah merasa begitu?

Nah disini mari kita berbagi, bagaimana caranya untuk mengatasi kondisi seperti yg disebutkan diatas,
mudah saja, ada beberapa hal yang pokok yg harus selalu kita ingat, bahkan kalau bisa di tulis pada kertas atau handphone anda, sehingga bisa dibawa kemanapun kita pergi.

1. Berjiwa Besar,
  • Hadapi setiap masalah dengan berjiwa besar, anggap itu adalah jalan untuk menyeberangi tujuan anda. Dalam ilmu ekonomi masalah adalah Uang, ada nilai (Commercial Value) dimana setiap masalah yg ada pada seseorang, akan menciptakan sebuah produk yg mana mereka akan membelinya.
2. Jangan Lepaskan Peluang, sekecil apapun itu
  • Jangan anda berpikir dikarnakan lelah dengan kesibukan mengabaikan sesuatu hal yang kecil, hal ini akan berdampak  negatif, baik secara materi, maupun hubungan silaturahmi anda terhadap orang lain.
3. Tidak Menunda Pekerjaan.



  • Pepatah mengatakan, "Menunda suatu pekerjaan, awal dari KEGAGALAN!" camkan itu.. Ingat jika anda menunda satu pekerjaan, dan pekerjaan lain menyusul, satu persatu menumpuk, anda akan mengalami lemah, lelah, dan lupa. dan pada akhirnya gagal untuk mendapatkan hasil dari pekerjaan tersebut.
 4. mempunyai mimpi.

  • Mimpi bukanlah suatu yang buruk. bahkan mimpilah yang membuat seseorang akam merubah keadaan hidupnya. tanpa bermimpi, kita tidak akan memikirkan hal lain. Maka dari itu bermimpilah anda setinggi-tingginya, sekurang-kurangnya anda akan mendapatkan separoh dari mimpi tersebut.
5. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang bervisi sama

  • Orang yang mempunyai visi hidup akan lebih senang bergaul dengan orang yang mempunyai tekad yang sama dalam hidupnya,  bukan saja itu, ilmu dan tips, serta tingkah laku mereka akan membawa diri anda mengikuti jejak dari kesuksesan mereka. Cobalah sekali-kali anda duduk ditengah orang yang hanya menikmati hidup apa adanya, tanpa visi/tujuan, yakin... anda tidak akan betah dan merasa risih, silakan Buktikan.
6. Jangan Pernah Menyimpan Dendam.

  • Ini adalah hal penting, jangan sekali-kali anda menyimpan dendam, jika rasa itu susah untuk diatasi, selesaikan masalah pada saat itu juga, sehingga tidak terjadi perselisihan. dan ingat bahkan  Allah berfirman dalam Hadits Qudsi yang artinya : " Nabi Musa a.s telah bertanya kepada Allah : " Ya Rabbi ! siapakah diantara hamba-MU yang lebih mulia menurut pandangan-Mu ?" Allah berfirman :" Ialah orang yang apabila berkuasa (menguasai musuhnya), dapat segera memaafkan." (Kharaithi dari Abu Hurairah r.a)
7. Fokus pada proses, bukan tujuan.
  •  Para pedagang Minang mengatakan, "Jan cando Ganggam Baro" (Jangan Seperti Genggam Bara Api) apabila panas lalu dilepaskan, Pegang dengan kuat sehingga jadi abu. Dengan kata lain, Hidup ini memang sakit, tapi jika kita bisa bertahan, semua itu akan baik pada waktunya.
8. Bertanggung jawab.

  • Dengan sifat tanggung jawab, anda akan lebih di hormati orang, dalam lingkungan perdagangan zaman sekarang orang tidak mencari harga murah, tapi orang yang bertanggung jawab melayani masalah setiap pelanggannya, dengan ini dimanapun anda berada orang akan senantiasa berhubungan dengan anda kembali.
9. Jangan Takut dan Khawatir.
  • Perasaan takut dan khawatir merupakan pikiran kita yang paling tidak produktif. Sebagian besar hal-hal yang kita khawatirkan atau takutkan tidak pernah terjadi. Jadi untuk apa kita khawatir dan takut?, saya pernah membaca buku IPPHO SANTOSA, yang meng-inspirasikan sbb: kegagalan dan keberhasilan hanya beda tipis, ibarat dinding, anda berada diluar bangunan, yang dituntut keberanian anda untuk menererobos dinding tersebut, dan mengetahui apa isi nya.
10. Selalu konsisten.
  • Konsisten adalah penting, bukan berarti harus fokus pada satu pekerjaan saja, dengan kata lain, jangan karna ada permainan baru, lantas anda meninggalkan yang lama. melakukan visi adalah bagus, ibarat memancing ikan, anda akan memasang banyak kail, dan yakin dari beberapa kail tersebut keberuntungan akan anda dapatkan, dan tidak pula melakukan sesuatu yang baru di luar kemampuan anda.
11. Beroda.
  • Adalah hal yang terpenting, apapun kepercayaannya,  orang tua anda akan selalu menyarankan anda untuk berdoa, Ingat segala yang ada pada kita adalah milik Nya, jika anda meminta Dia pasti akan memberikan.

    Ayat yang patut direnungkan adalah firman Allah Ta’ala,

    وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
    Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)
12. Berani bersedekah.
  • Hanya sekedar sharing saja, banyak artikel para motifator, salahsatunya Ippho Santosa, yang isinya Dahsyat nya Bersedekah. bahkan pemuka agama menganjukan kita untuk banyak bersedekah, jangan takut...! walaupun uang anda hanya pas-pasan, dan saya sudah membuktikan hal itu. anda akan mendapatkan 10 hingga 100 kali lipat dari apa yang anda sedekahkan.

    Permasalahannya disini adalah, banyak dari kita yang bertanya, apakah Sedekah saya ini Ikhlas, karna ada maunya, lantas memberi?. Jangan pernah anda pikirkan hal itu. tidak ada manusia yg berdoa, sedekah, melakukan kebaikan, tanpa ada maunya, pasti!, sekurangnya ingin mendapatkan redhonya, atau yg lebih enaknya, ingin masuk sorga.

    Nah dalam kontek tulisan ini kita bersedekah ingin meminta keberhasilan, kesuksesan, lantas dengan siapa lagi kita meminta, kalau bukan dengan Nya? maka dari itu niatkan di hati anda, "Saya ingin bersedekah, karna saya ingin meminta sedikit keberhasilan dari mu ya Allah" insyaallah sedikit miliknya, besar bagi kita manusia.
Ringkasnya tips ini adalah :

12 Tips Jitu untuk Sukses
1. Berjiwa Besar,
2. Jangan Lepaskan Peluang, sekecil apapun itu
3. Tidak Menunda Pekerjaan.
4. mempunyai mimpi.
5. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang bervisi sama
6. Jangan Pernah Menyimpan Dendam.
7. Fokus pada proses, bukan tujuan.
8. Bertanggung jawab.
9. Jangan Takut dan Khawatir.
10. Selalu konsisten.
11. Beroda.
12. Berani bersedekah.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan koment, terima kasih.