Rabu, 16 Januari 2013

Kisah TKI Pendukung Timnas Garuda


 Kuala Lumpur - Dengan wajah dicat warna merah dan putih, potongan rambut yang dibuat acak-acakan serta berkaos berlambangkan Garuda yang menempel di dada menjadi pemandangan menarik.
Mereka itu adalah para TKI yang menunjukkan rasa cintanya kepada timnas Indonesia yang tanding di piala AFF 2012. Mereka juga seolah tidak mempermasalahkan jarak, waktu ataupun uang yang harus dikorbankannya untuk memberikan dukungan moril kepada timnas kebanggaannya. Semua ini demi menunjukkan rasa cintanya pada Tanah Air Indonesia.


Para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) itu tidak saja datang dari Kuala Lumpur, tapi juga dari luar daerah di semenanjung Malaysia seperti Klang, Selangor, Negeri Sembilan, hingga Johor (Rumah Berbagi & Epson) ataupun Melaka dengan jarak tempuh mulai satu jam hingga lima jam ke stadium Bukit Jalil. Bidang pekerja mereka juga beragam mulai dari pekerja kedai, tukang bangunan, teknisi di sejumlah bengkel kendaraan, pekerja pabrik hingga perkebunan dan lainnya.

"Bagi kami mendukung Timnas adalah harga mati. Kemenangan Timnas Indonesia adalah kemenangan Bangsa Indonesia. Dan menjadi tugas dan tanggung jawab kami adalah mendoakan serta mendukung mereka,

"Bagi kami mendukung Timnas adalah harga mati. Kemenangan Timnas Indonesia adalah kemenangan Bangsa Indonesia. Dan menjadi tugas dan tanggung jawab kami adalah mendoakan serta mendukung mereka, kata salahsatu Supporter, mewakili teman-teman sesama WNI/TKI di negara jiran ini. Begitu besarnya rasa cinta pada negaranya membuat tidak mengendurkan dukungan pada timnas sekalipun bermain di negeri orang. Bahkan kuatnya dukungan mereka membuat suporter tuan rumah tidak nyaman, bahkan memberikan tanggapan negatif.



Seperti pada pertandingan penyisihan antara Indonesia melawan Laos, suporter tuan rumah bersorak kegirangan ketika gawang Indonesia kebobolan. Namun ini tidak mempengaruhi suporter Indonesia yang terus memberikan dukungan moril kepada timnas Garuda untuk bangkit dan membuat gol balasan. Secara bersama-sama bersorak menyebut Indonesia...Indonesia...Indonesia berkali-kali sepertinya memacu semangat para pemain timnas Garuda.



Hasilnya bermain seri dengan Laos 2-2. Pada pertandingan berikutnya, para TKI tetap memberikan dukungan penuhnya dengan berbondong-bondong mendatangi stadium Bukit Jalil. Sorak-sorai para penonton Indonesia yang memadati sebagian tempat duduk di stadium Bukit Jalil itu sepertinya menjadi mesin pemacu semangat. Sekalipun melawan timnas Singapura yang sebelumnya membenam timnas Malaysia dengan tiga gol tanpa balas itu, tidaklah serta merta membuat timnas Garuda patah semangat. Apalagi, melihat dukungan kuat dari para suporter, membuat pasukan Nil Maizar ini semakin berani bertarung di lapangan hijau menantang timnas berjulukan Singa tersebut. Hasilnya Indonesia menang 1-0 melalui gol cantik dari tendangan bebas yang dilakukan oleh Andik, menit ke-87. Para suporter Indonesia pun gembira dan terus bergembira meskipun sudah berada di luar stadium. 

Dukungan para WNI/TKI di Malaysia terhadap timnas Garuda ditunjukkan lewat dunia maya seperti Facebook, Twitter ataupun milis yang dibuat masing-masing komunitas warga Indonesia. Sejak sebulan lalu, grup itu ramai membicarakan tentang kondisi Timnas, khususnya soal gonjang ganjing para pengurus sepakbola di Tanah Air yang mendua yaitu kubu PSSI dan KPSI, yang tidak satu suara soal timnas. Sejumlah nada kekecewaan pun disampaikan melalui dunia maya dan bahkan para suporter tidak peduli lagi dengan para pengurusnya yang penting timnas Garuda harus berangkat sekalipun dengan persiapan yang minim.

Dalam Facebook TKI menyebutkan "Kami tidak peduli dengan soal pengurus... Tapi Kami cinta Timnas... Kami dukung penuh para pemain apapun hasilnya nanti." Ada lagi tulisan dalam laman facebook mereka yang berbunyi "Suporter sejati itu senantiasa mendukung di saat Timnas Garuda Indonesia menang ataupun kalah. Di saat terbang tinggi kita sama-sama bangga dan di saat tersungkur kita terus dukung dan berikan semangat." Selanjutnya, ada yang menuliskan dalam lamannya seperti ini "Jayalah para pejuang bangsaku. Doa dan semangat kukirimkan padamu!". Kata-kata itu semua pertanda betapa besarnya rasa cinta suporter terhadap timnas Garuda dan Tanah Airnya, Indonesia.

2 comments:

Silahkan berikan koment, terima kasih.